Malam di Yogyakarta akan terasa hidup jika
anda melewatkannya dengan melihat wayang kulit. Irama gamelan yang rancak
berpadu dengan suara merdu para sinden takkan membiarkan anda jatuh dalam
kantuk. Cerita yang dibawakan sang dalang akan membawa anda larut seolah ikut
masuk menjadi salah satu tokoh dalam kisah yang dibawakan. Anda pun dengan segera
akan menyadari betapa agungnya budaya Jawa di masa lalu.
Wayang kulit adalah seni pertunjukan yang
telah berusia lebih dari setengah milenium. Kemunculannya memiliki cerita
tersendiri, terkait dengan masuknya Islam Jawa. Salah satu anggota Wali Songo menciptakannya
dengan mengadopsi Wayang Beber yang berkembang pada masa kejayaan Hindu-Budha.
Adopsi itu dilakukan karena wayang terlanjur lekat dengan orang Jawa sehingga
menjadi media yang tepat untuk dakwah menyebarkan Islam, sementara agama Islam
melarang bentuk seni rupa. Alhasil, diciptakan wayang kulit dimana orang hanya
bisa melihat bayangan.
Pagelaran wayang kulit dimainkan oleh seorang
yang kiranya bisa disebut penghibur publik terhebat di dunia. Bagaimana tidak,
selama semalam suntuk, sang dalang memainkan seluruh karakter aktor wayang
kulit yang merupakan orang-orangan berbahan kulit kerbau dengan dihias motif
hasil kerajinan tatah sungging (ukir kulit). Ia harus mengubah
karakter suara, berganti intonasi, mengeluarkan guyonan dan bahkan menyanyi.
Untuk menghidupkan suasana, dalang dibantu oleh musisi yang memainkan gamelan
dan para sinden yang menyanyikan lagu-lagu Jawa.
Tokoh-tokoh dalam wayang keseluruhannya
berjumlah ratusan. Orang-orangan yang sedang tak dimainkan diletakkan dalam
batang pisang yang ada di dekat sang dalang. Saat dimainkan, orang-orangan akan
tampak sebagai bayangan di layar putih yang ada di depan sang dalang. Bayangan
itu bisa tercipta karena setiap pertunjukan wayang memakai lampu minyak sebagai
pencahayaan yang membantu pemantulan orang-orangan yang sedang dimainkan.
Setiap pagelaran wayang menghadirkan kisah
atau lakon yang berbeda. Ragam lakon terbagi menjadi 4 kategori yaitu lakon
pakem, lakon carangan, lakon gubahan dan lakon karangan. Lakon pakem memiliki
cerita yang seluruhnya bersumber pada perpustakaan wayang sedangkan pada lakon
carangan hanya garis besarnya saja yang bersumber pada perpustakaan wayang.
Lakon gubahan tidak bersumber pada cerita pewayangan tetapi memakai
tempat-tempat yang sesuai pada perpustakaan wayang, sedangkan lakon karangan
sepenuhnya bersifat lepas.
Cerita wayang bersumber pada beberapa kitab
tua misalnya Ramayana, Mahabharata, Pustaka Raja Purwa dan Purwakanda. Kini,
juga terdapat buku-buku yang memuat lakon gubahan dan karangan yang selama ratusan
tahun telah disukai masyarakat Abimanyu kerem, Doraweca, Suryatmaja Maling dan
sebagainya. Diantara semua kitab tua yang dipakai, Kitab Purwakanda adalah yang
paling sering digunakan oleh dalang-dalang dari Kraton Yogyakarta. Pagelaran
wayang kulit dimulai ketika sang dalang telah mengeluarkan gunungan. Sebuah
pagelaran wayang semalam suntuk gaya Yogyakarta dibagi dalam 3 babak yang
memiliki 7 jejeran (adegan) dan 7 adegan perang. Babak pertama, disebut pathet
lasem, memiliki 3 jejeran dan 2 adegan perang yang diiringi gending-gending
pathet lasem. Pathet Sanga yang menjadi babak kedua memiliki 2 jejeran dan 2
adegan perang, sementara Pathet Manura yang menjadi babak ketiga mempunyai 2
jejeran dan 3 adegan perang. Salah satu bagian yang paling dinanti banyak orang
pada setiap pagelaran wayang adalah gara-gara yang menyajikan guyonan-guyonan
khas Jawa.
Sasono Hinggil yang terletak di utara
alun-Alun Selatan adalah tempat yang paling sering menggelar acara pementasan
wayang semalam suntuk, biasanya diadakan setiap minggu kedua dan keempat mulai
pukul 21.00 WIB. Tempat lainnya adalah Bangsal Sri Maganti yang terletak di
Kraton Yogyakarta. Wayang Kulit di bangsal tersebut dipentaskan selama 2 jam
mulai pukul 10.00 WIB setiap hari Sabtu dengan tiket Rp 5.000,00
Selain surga bagi
wisata kuliner, sebagai kota budaya kota Solo tentu saja juga memiliki beragam
stok wisata budaya. Salah satu wisata budaya di kota Solo yang dapat dinikmati
setiap malam adalah pertunjukan kesenian wayang orang. Anda tinggal mengunjungi
Gedung Wayang Orang yang berada di komplek Taman Hiburan Rakyat Solo. Tidak
perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup siapkan uang Rp.3000,00 maka anda
sudah bisa menyaksikan totalitas para pemain dalam memerankan tokoh-tokoh
pewayangan. Pertunjukan dimulai pukul 20.30 WIB sampai selesai. Durasi pentas
wayang orang ini tergantung dengan lakon apa yang sedang dimainkan. Jangan
khawatir soal perut anda, karena di seputar gedung pertunjukan anda juga bisa
membeli cemilan ndeso macam kacang godok, telo godok, gedang godok, dan
lain-lain untuk menemani anda menikmati pertunjukan. Di dalam gedung ini, Anda
juga tidak perlu takut kegerahan, karena sudah dilengkapi penyejuk ruangan
alias AC.
Telah lama pertunjukan wayang orang ini menjadi
agenda rutin komplek THR Solo. Wayang orang Sriwedari pernah mengalami masa
jaya pada sekitar tahun 70-an. Namun sekarang jumlah pengunjung tinggal dapat
dihitung dengan jari, meski begitu hal tersebut tidak menyurutkan semangat para
seniman wayang orang tersebut untuk total memainkan perannya. Totalitas disini
dapat kita lihat dari tata panggung, tata lampu, kostum, serta akting para
pemain yang terlihat bagus dan tertata dengan rapi.
Jadi bagi anda yang sedang merencanakan atau malah
sudah berada di kota Solo, segera saja masukkan pertunjukan Wayang Orang
Sriwedari dalam daftar tempat yang harus anda kunjungi. Mari kita lestarikan
kebudayaan kita sendiri sebelum dilakukan oleh orang lain.
Iringan Wayang Gaya Surakarta
Dalam dunia wayang
kulit Jawa, pembagian babak juga didasarkan pada perbedaan pathet atau musik yang dibawakan. Musik berperan
selain berkaitan erat dengan pembabakan cerita, musik juga berperan dalam
pengadeganan cerita. Prof. Umar Kayam menjelaskan iringan musik wayang kulit
dari gaya Surakarta:
Iringan
Gaya Surakarta
No.
|
Adegan
|
Musik
|
1
|
Jejer (1)
a.
Batara Guru dan Kerajaan Ngamarta
|
Gandhing Kawit
|
b. Ngastina Duryudana
|
Gandhing Kabor dilanjutkan Ladrang Krawitan
|
|
c. Yang lainnya
|
Gendhing Krawitan dilanjutkan Ladrangan
|
|
Tamu datang
|
||
Ratu Ngamarta
|
Ladrang Mangu
|
|
Nangkula/Sadewa
|
Ladrang Kembang Pepe
|
|
Janaka
|
Ladang Srikaton
|
|
Baladewa
|
1. Ladrang Remeng
2.
Ladrang Sobang
3.
Ladrang Diradameta
|
|
Karna
|
1. Ladrang Sobah
2.
Ladrang Peksi Kuwung
|
|
Sangkuni
|
Ladrang Lere-Lere
|
|
Kangsa
|
Sama dengan untuk Baladewa
|
|
Jalasengara
|
Ladrang Erang-erang
|
|
Patih Sabrang
|
Ladrang Sobrang
|
|
Danawa peksi
|
Ladrang Sobrang
|
|
Randha-widada
|
Ladrang Sobrang
|
|
Tamu mundur
|
Suluk Pathet Nem Jugag
|
|
- alusan
|
Ada-ada Girisa
|
|
- Baladewa
|
||
Kangsa
|
||
Sabrangan
|
||
Karna
|
||
d. Ratu Masuk
|
Ayak-ayakan Panjang Mas
|
|
2
|
Kedhatonan
|
|
a. Ngastina (Banuwati)
|
1. Gendhing Damarkeli
2.
Gendhing Gandrung Mangu
|
|
b. Wirata
|
1. Gendhing Tunjung Karoban
2.
Gendhing Gandrungmangu (sda)
|
|
c. Dwarawati
|
1. Gendhing Titipati
2.
Gendhing Kadukmanis
|
|
d. Madura
|
1. Gendhing Kenyut
2.
Gendhing Gantalwedhar
|
|
e. Madraka
|
1. Gendhing Laranangis
2.
Gendhing Gandrungmanis
|
|
f. Cempala
|
Gendhing Maskumambang
|
|
g. Kumbina
|
1. Gendhing Puspawedhar
2.
Gendhing Undanasih
|
|
h. Nglesanpura
|
Gendhing Rendeh
|
|
i. Ngamarta
|
Gendhing Gentalwedhar
Gendhing
Larasati
|
|
j. Kahyangan
|
Ayak-ayakan
|
|
3
|
Pasowanan Jawi
|
|
a. Prabu Baladewa
|
Gendhing Capang
|
|
b. Arya Sena
|
1. Gendhing Dandun
2.
Gendhing Gendu
|
|
c. Seta Untara
|
Gendhing Talimurda
|
|
d. Samba Setyaki
|
Gendhing Kedatonbentar
|
|
e. Setyaki piyambak (sendiri)
|
1. Gendhing Titisari
2.
Gendhing Larasati
|
|
f. Arya Praburukma
|
1. Gendhing Tirisari
2.
Gendhing Prihatin
|
|
g. Ugrasena
|
Gendhing Kedatonbentar
|
|
h. Rukmarata
|
Gendhing Kedatonbentar
|
|
i. Sengkuni, Karna
|
Gendhing Kambangtiba
|
|
j. Dursasana
|
1. Gendhing Semukirang
2.
Gendhing Prihatin
|
|
k. Burisrawa
|
Gendhing Bolang-bolang
|
|
l. Rukmarata
|
Gendhing Mandhulpati
|
|
m. Trustajumena
|
Gendhing Randhat
|
|
n. Dewa
|
Gendhing Turirawa
|
|
4
|
Budhalan / Kapalan
|
1. Lancaran Kebogiro
|
2. Lancaran Wrahatbala
|
||
3. Lancaran Manjarsewu
|
||
4. Lancaran Bubaran Njutra
|
||
5. Lancaran Singanebah
|
||
5
|
Jejer (2) (Sabrangan)
|
|
a. Ratu Ngastina
|
1. Gendhing Jamba
2.
Gendhing Bujangga
3.
Gendhing Lana
|
|
b. Ratu Ngamarta
|
Gendhing Bujangga
|
|
c. Kakrasana
|
Gendhing Bujangga
|
|
d. Kangsa
|
Gendhing Babat
|
|
e. Narada
|
Gendhing Peksibayan
|
|
f. Dasamuka
|
1. Gendhing Babat
2.
Gendhing Parinom
|
|
g. Sabrangan Alus
|
Gendhing Udansore
|
|
h. Hyang Durga
|
1. Gendhing Lokananta
2.
Gendhing Menyanseta
|
|
i. Sabrang Telegan
|
1. Gendhing Rindhik
2.
Gendhing Lana
|
|
j. Ratu Danawa Nem
|
Gendhing Majemuk
|
|
k. Ratu Danawa Sepuh
|
1. Gendhing Lobaningrat
2.
Gendhing Guntur
|
|
l. Buron Wana
|
1. Ladrang Babat Kenceng
2.
Ladrang Wani-wani
|
|
m. Antagopa
|
Ladrang Kaki-kaki Tunggu Jagung
|
|
Memanggil Punggawa
|
||
- Danawa (raksasa)
|
1. Ladrang Bedhat
2.
Ladrang Muncer
3.
Ladrang Alaskobong
|
|
- Alus (mis. Narayana)
|
Ladrang Kembang Gadhung
|
|
Mundurnya Punggawa
|
Srepegan Pinjalan
|
|
- Danawa (raksasa) atau bukan
|
||
- Perang gagal
|
Srepegan
|
|
6
|
(Peralihan)
|
Srepegan Pathet Sanga Wantah
|
7
|
Adegan Pandita (Pathet Sanga)
|
|
a. Janaka di Madukara
|
1. Gendhing Kuwung-kuwung
2.
Gendhing Danaraja
|
|
b. Saptaarga
|
1. Gendhing Kaluta
2.
Gendhing Lara-lara
|
|
c. Janaka di hutan
|
Gendhing Lagudhempel dilanjutkan ladrangan
|
|
d. Janaka di goa
|
Gendhing Dendha Santi dilanjutkan ladrangan
|
|
e. Janaka di Setragandamayi
|
1. Gendhing Lonthang Kasmaran
2.
Gendhing Gendreh Kemasan
|
|
f. Janaka menjadi emban
|
(sama dengan e)
|
|
g. Janaka menjadi Ciptaning
|
Gendhing Jongkang
|
|
h. Resi Abyasa dan Abimanyu
|
Gendhing Gandakusuma
|
|
i. Kanwa dan Irawan
|
Gendhing Sumar
|
|
j. Pandita dan Bambang
|
Gendhing Bondhet
Gendhing
Lara-lara
|
|
k. Bambang Nagatatmala
|
Gendhing Ela-ela
Gendhing
Sumedhang
|
|
l. Bambang gusen
|
Gendhing Kenceng
|
|
m. Semar di Klampisireng
|
Gendhing Loro-loro
|
|
n. Semar akan terbang
|
Gendhing Babarlayar
|
|
8
|
Perang kembang
(adeg danawa)
|
|
a. Raksasa di perempatan
|
1. Lancaran Jangkrik Genggong
2.
Ladrang Kagok Madura
|
|
b. Raksasa hutan
|
1. Ladrang Babad Kenceng
|
|
2. Ladrang Kagok Madura
|
||
3. Lancaran embat-embat Penjalin
|
||
c. Ular atau macan
|
1. Ladrang Babad Kenceng
2.
Ladrang Gedrug
|
|
d. Muncul Togog dan Saraita (sesudah a dan b)
|
Srepegan
|
|
e. Perang Kembang
|
Srepegan
|
|
f. Togog dan Saraita muncul sesudah para raksasa mati
untuk menemui ksatria
|
Ayak-ayakan kasirep terus suwuk
|
|
Catatan:
1.
Punakawan dapat menemui para raksasa.
Untuk
ini dapat diiringi gendhing.
|
||
- Semar
|
1. Ketawang Langengita
2.
Sekar Madukaralalita
|
|
- Nalagareng
|
1. Ketawang Puspagiwang
|
|
2. Nini-nini Katisen
|
||
- Petruk
|
1. Sekar Dandanggula
2.
Atau sendhon-sendhon yang sesuai
|
|
9
|
Sesudah Perang Kambang
|
|
a. Ratu Ngastina
|
Gedhing Kenceng Barong
|
|
b. Ratu Dworowati
|
1. Gedhing Rondong
2.
Gedhing Semeru
|
|
c. Ngamarta
|
Gedhing Gandrung Mangungkung
|
|
d. Cempala
|
Gedhing Laler Mengeng
|
|
e. Cempala / Yudhistira
|
1. Gedhing Candra
2.
Gedhing Semiring
|
|
f. Ratu Metapralaya
|
1. Gedhing Renyep
2.
Gedhing Sunggeng
|
|
g. Arya Werkudoro
|
1. Ladrang Babad Kenceng
2.
Ladrang Kagok Madura
|
|
h. Gatutkaca / Pringgandani
|
1. Gedhing Kenceng Barong
2.
Gedhing Genjongguling
|
|
i. Welasan (sedih)
|
Gedhing Tlutur dilanjutkan ladrangan
|
|
j. Prabu Jungkungmardeya
|
Gedhing Renyep
|
|
k. Ratu Danawa
|
Gedhing Galagotang
|
|
l. Resi Kasawa
|
Gedhing Jongkang
|
|
m. Wasi Jaladra
|
Gedhing Gambirsawit
|
|
n. Narayana
|
Gedhing Sumar
|
|
o. Begawan Bagaspati
|
Gedhing Genjong
Gedhing
Onang-onang
|
|
p. Yamadipati & isteri
|
Gedhing Genjong
|
|
q. Narada dan Endra
|
Gedhing Gegersore
|
|
r. Sanghyang Guru
|
Gedhing Madukocak
|
|
s. Tokoh putri
|
Gedhing Songgeng
|
|
t. Kurawa (begalan)
|
Ladrang Giyak-giyak
|
|
u. Setan menggoda
|
1. Ketawang Dendha Gedhe
2.
Gedhing Dolo-dolo
|
|
Catatan:
1.Bila
yang dikelirkan adegan Raja Raksasa, adegan sesudahnya atau ada adegan perang
menggunakan
|
Sampak
|
|
2. Srambahan untuk wayang liyepan atau putri
|
1. Ladrang Gonjang-ganjing
2.
Ladrang Kembang Tunjung
3.
Ladrang Pangkur
4.
Ladrang Cluntang
|
|
10
|
(Peralihan)
|
Sulukan Pathet Manyura Wantah
|
11.
|
Pathet Manyura
|
|
a. Ratu Madura
|
Gendhing Capang
|
|
b. Ratu Ngastina
|
Gendhing Gliyung
|
|
c. Ratu Madura Sepuh
|
Gendhing Pucung
|
|
d. Ratu Ngamarta
Bila
fajar mulai terlihat
|
Gendhing Bujangganom
1.
Gendhing Lagudempel
|
|
e. Dwarawati / Ngamarta
|
2. Gendhing Bang-bang Wetan
|
|
f. Putri
|
Gendhing Ramyang
1.
Gendhing Brekutut Manggung
2.
Gendhing Montro
3.
Ladrang Ladrangmanis
|
|
g. Ratu Nggilingwesi dan semua wayang sabrangan telengan
|
Ladrang Liwung
|
|
h. Anoman / Gatutkaca
|
Ladrang Eling-eling Badranaya
|
|
i. Ratu Danawa (Raksasa)
|
1. Lanjaran Ricik-ricik
2.
Ladrang Liwung
|
|
j. Singgela
|
Ladrang Kandangmanyura
|
|
Catatan: Bila masih ada satu adegan Ratu Lagi
|
Ladrang Ricik-ricik
|
|
12
|
Pungkasan (Tancep Kayon)
|
1. Gendhing Lobong
2.
Gendhing Boyong
3.
Gendhing Ginonjing
4.
Ladrang Manis
|
Sumber: Nojowirongko, 1954.
|
0 komentar:
Posting Komentar